count on me

Wednesday, September 16, 2015

Tugas Artikel



Dalam masyarakat paguyuban, sebagian besar masyarakatnya memiliki pekerjaan yang sejenis. Mereka memiliki rasa solidaritas antar sesama dalam lingkup masyarakatnya. Seperti halnya  kasus di desa Tulungrejo yang melibatkan salah satu perangkat desa yang menjadi tersangka tindak asusila terhadap anak gadisnya sendiri. Dalam kasus ini masyarakat memang bukan sosok pahlawan yang melakukan penggrebekan di tempat perkara namun masyarakat ikut andil dalam menhakimi tersangka meski bukan dalam bentuk kekerasan.
Desa Tulungrejo, Gandusari, Blitar telah terjadi tindak asusila yang dilakukan oleh perangkat desa lebih tepatnya Kepala Dusun (Kamituo). Tindak asusila tersebut benar-benar membuat keluarga tersangka  merasa malu. Perlu diketahui bahwa tindak asusilanya ialah meniduri anak gadisnya sendiri selama 4 tahun. Hal itu terjadi sejak sang pelaku di tinggal istrinya bekerja ke luar negri. Kejadian tersebut di laporkan kepada pihak yang berwenang oleh keluarganya sendiri yang merasa tindakan yang dilakukan oleh tersangka sudah kelewatan. Bukti-bukti itu di dapat dari pesan singkat lewat ponsel milik korban.
Masyarakat yang mendengar tentang kasus tersebut merasa ikut prihatin terhadap nasib si gadis yang menjadi korban. Mereka beranggapan bahwa sosok kepala dusun yang seharusnya bisa dijadikan contoh dalam berperilaku justru menyimpang dari aturan dan norma.(ylo)


1 comment:

  1. And sama sekali belum membahas tentang kaitan antara solidaritas dengan pelanggaran terhadap peraturan serta karakteristik masyarakatnya. Silakan direvisi, penggambaran kasus dilanjutkan dengan respon masyarakat, kemudian dibandingkan dengan teori solidaritas Emile D, apakah sesuai, kalau tidak sesuai kenapa?

    ReplyDelete